Senin, pada pukul 08:13 WIB (Waktu Indonesia Barat) Pesawat tempur TNI AU berjenis BAE HAWK 209, dengan nomor TT 0209, mengalami kecelakaan sehingga terajtuh di rumah warga Kubang Jaya, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Kronologis terajutuh nya pesawat sendiri saat ini masi dari sudut pandang warga, dimana sebelum pesawat jatuh Pesawat tempur BAE Hawk 209 ini mengalami ledakan di atas langit, yang membuat sang pilot pesawat harus melontarkan diri dari badan pesawat untuk menyelamatkan diri, Pilot TNI yang mengalami kecelakan sudah di konfirmasi selamat dari kejadiian ini.walapun begitu pesawat yang mengalami kerusakan secara tiba-tiba masi di tinjau oleh pihak TNI.

Warga Riau yang menyaksikan cukup panik, dimana ada dentuman cukup keras di langit sebelum menimpa pemukiman warga sekitar, untung nya rumah warga yang tertimpa sedang tidak berpenghuni, sehingga kasus ini bisa di bilang cukup beruntung karena tidak ada korban jiwa. sedangkan pilot saat ini di rawat di Rumah sakit Angkatan Udara, Dr Soekirman Lanud Pekanbaru untuk di lihat kondisi-nya lebih lanjut.

Pesawat jenis BAE HAWK 209

Pesawat sendiri tidaklah jatuh dari tempat landas terdekat dengan jarak 5 km dari 36 Lanud Roesmin. pesawat yang menabrak rumah warga ini terbakar cukup lama, walaupun begitu tidak ada ledakan lanjutan setelah menabrak rumah warga.

Pesawat TNI Angkatan Udara berjenis BAE Hawk 209 ini bisa di bilang cukup tua dimana kepemilikan pesawat ini di indonesia berumur 27 tahun, kondisi pesawat di markas TNI sendiri bisa di bilang banyak yang lebih tua dari pesawat ini, sehingga ke layakan nya untuk terbang masi harus lebih di tinjau kembali.

BEA Hawk 209 yang terjatuh biasa di pakai oleh TNI AU untuk melakukan pengawasan dan keamanan dalam pengamanan konflik bersenjata dengan daerah isitimewa Aceh. BAE Hawk adalah pesawat yang di rakit di inggris, dimana pesawat di lengkapi oleh radar APG-66 serta bersenjatakan rudal AIM-9 sidewinder.

kedua senjata yang di lengkapi oleh BAE Hawk sendiri cukup umum di pesawat tempur, dimana rudak AIM 9, sudah biasa di gunakan dalam pertempuran anti pesawat dengan tembakan jarak pendek yang berpadu dengan infrared, sedangkan untuk seri navigasi nya BAE Hawk ini menggunakan An/APG-66 dimana sensor atau radar di rancang oleh Westing House Electric Corporation, Sensor ini juga di gunakan oleh pesawat berjenis F – 16 Fighting Falcon.